aldiunanto.com

Apa yang kalian ketahui tentang kondisi pada Pascal ?

  1. Apa yang kalian ketahui tentang kondisi pada Pascal?
    Pada umumnya kondisi pada Pascal sama dengan kondisi pada bahasa pemrograman lain. yaitu untuk menentukan sebuah keputusan dari suatu statement tertentu. Kondisi ini sangat penting dalam pemrograman sebab dengan adanya kondisi, program dapat menentukan proses apa yang harus dilakukan selanjutnya berdasarkan keadaan sebelumnya.
  2. Sebutkan bentuk umum kondisi!
    1. IF…THEN…
      Statement ini digunakan untuk menyeleksi suatu kondisim jika kondisi yang diseleksi terpenuhi, maka statement stelah THEN akan diproses.
    2. IF…THEN…ELSE…
      Statemen ini digunakan untuk menyeleksi suatu kondisi. Statemen 1 akan diproses jika kondisi yang diseleksi benar, sedangkan statemen 2 akan diproses jika kondisi yang diseleksi tidak terpenuhi.
    3. CASE OF..ELSE
      Statement CASE-OF…ELSE merupakan pengembangan dari struktur CASE-OF dan juga merupakan pengembangan dari standar Pascal. Pada struktur CASE-OF bila tidak ada kondisi yang terpenuhi berarti tidak ada statemen di dalam lingkungan CASE-OF yang diproses. Dengan struktur CASE-OF…ELSE, bila tidak ada kondisi yang terpenuhi, maka statemen yang akan diproses dalam lingkungan CASE-OF adalah statemen yang ada di ELSE.
  3. Berikan contoh program sederhana kondisi pada Pascal!

    program kondisi;

    uses crt;
    var nilai : integer;
    grade : char;
    begin
    clrscr;
    write(‘Masukan nilai Praktikum anda : ‘);

    readln(nilai);
    if (nilai >= 80) then grade := ‘A’
    else if (nilai >= 60) then grade := ‘B’
    else grade := ‘C’;
    writeln();
    writeln(‘Anda mendapatkan grade ‘, grade, ‘ !!’);
    readln();
    end.

Leave a Reply

%d bloggers like this: