aldiunanto.com

Cara merawat gitar dengan baik dan benar

(*If you come from other country except Indonesia, please don’t try to translate this post with widget in this sidebar site. You will get headache.)

Buat kalian yang punya gitar apalagi gitarnya masih baru,, (cieeeeee…) harus dirawat dengan baik nih bro. Perawatan ini sangat berguna banget dengan tujuan yang paling utama yaitu mempertahankan suara gitar yang dihasilkan menjadi maksimal. Gak ribet ko, cuma butuh kopi item dan batu batrei AAA (anjir galau) maksud gw, cuma butuh sedikit rajin aja 🙂

Modal?? butuh gak yah… kyknya engga sih, kecuali kalo kalian mau beli yang alat pembersih khususnya yang biasa dijual di toko-toko alat musik.

Langsung saja bro, sebenernya ada 3 bagian terpenting yang harus dijaga kebersihannya. Apa aja tuh??

  1. BODY GITAR
    Ga usah cari yang ribet-ribet bro, cukup pakai lap berbahan kaos aja untuk membersihkan body gitar dari debu yang menempel. Oiya, lap nya pakai yang kering aja ya bro. Kalaupun ada noda yang bener-bener membandel, boleh pakai air sedikit dan tempatkan di bagian yang ada nodanya saja, ga perlu semua body. Kalau perlu pakailah guitar polish bila bang bro merasa itu adalah faktor penting untuk menunjang bersihnya gitar-gitar koleksi.
  2. SENAR
    Untuk bagian ini ada baiknya dibersihkan seminggu sekali bro. Karena menurut peneliti,, eh logika aja sih.. secara tidak sadar tu keringat atau debu-debu dan kotoran dari tangan bang bro pas main gitar menempel di senar-senar tersebut. Buktinya? Coba aja ambil gitar bang bro lalu perhatikan di sisi bawah senar tepat diatas fretboard, pasti banyak daki tuh bro yang nempel-nempel (anjir geli). Selain itu keringat kan mengandung garam tuh bro, namanya keringet apalagi garam kalau dah nempel di logam seperti bahan senar, pasti bakal ngehasilin karat deh. Kalau sudah seperti itu bahaya bro, bisa-bisa jari terluka dan terinfeksi!!! (jengjeeeeng….. wah harus suntik tetanus).
    Oke lalu gimana dong cara bersihinnya?? Nah khusus untuk senar, ada baiknya pakai cairan string cleaner yang bisa bang bro beli di toko-toko gitar, lalu tempelkan di lap yang berbahan kaos dan usap dan bersihkan secara menyeluruh senar-senar gitarnya. Tapi inget yah gan, bagian bawahnya juga harus dibersihkan. Kalau tidak, cukup dilap menggunakan lap kain kering.
  3. FRETBOARD
    Ini juga jadi tempat bersarangnya kuman-kuman, kotoran dan daki nih bro (edan komplit). Gak cuman dibawah senar, disini juga nempel semua tuh kotoran-kotorannya. Karena bagian ini paling dekat dengan senar, jadi sekalian aja tuh bro kalo lagi bersihin senar, bersihin bagian ini juga. Dikerok aja pakai benda tumpul, seperti pick gitar atau yang lainnya. Setalah itu dilap bersih menggunakan lap dengan lap berbahan kaos. Eh monyong-monyong tau fretboard ga bro?fretboard tuh seperti gambar di bawah ini nih…Fretboard

 

Merawat Gitar (Perlakukan gitar dengan baik)

Nah kalau tadi kan cara membersihkannya, kalu sekarang cara merawatnya. Gitar juga butuh perlakuan yang baik dari pemiliknya bro, ga cuman asal pakai aja.

Posisi menyimpan

Posisi yang benar dalam meletakan gitar yaitu terlentang bro (bagian neck gitar yang bersenar dihadapkan ke atas). Hindari menyimpan gitar dengan cara disandarkan ke tembok dengan posisi body gitar menempel langsung ke lantai. Kenapa? karena hal ini akan membuat neck gitar secara perlahan-lahan menjadi bengkok, selain itu juga bisa merusak permukaan body gitar bagian bawah(bagian yang terkena lantai). Cara lain jika bang bro punya rezeki belebih, bisa di amalkan ke mesjid-mesjid atau bersedekah ke faqir miskin. Ehhhh maksudnya,, bisa bang bro pakai buat beli stand gitar untuk menyangga neck gitar bang bro dengan aman.

Hindari benturan & jangan di banting

Hindari benturan bro.. jangan tergesa-gesa jika ingin mengambil atau menaruh gitar, untuk menghindari cacat bagian body. Apalagi dibanting, jangan deh… (yaiyalahhhhh) karena kalau dibanting akibatnya bisa mengakibatkan impotensi, gangguan kehamilan dan janin, dan…. ahhsudahlah.

Kendurkan senar jika gitar lama tidak digunakan

Nah hal ini juga cukup penting untuk diperhatikan nih bro.. kenapa ko kita harus mengendurkan senar jika lama tidak digunakan? Iya nih, untuk menghindari bengkoknya neck gitar bang bro. Ko bisa?? kan cuma senar??? Nah itu dia justru jangan diremehkan. Dampaknya memang tidak terasa langsung, tapi lambat laun pasti akan terasa. Hal ini dapat terjadi karena tarikan dari kedua ujung senar bro, apalagi kalau lama gak digunakan.

Softcase or hardcase

Kalau bisa sih (apalagi yang sudah punya) jangan males nih bro untuk memasukan kembali gitar kesayangan kedalam softcase atau hardcase  jika sudah selesai dipakai. Tentu saja hal ini dapat menghindari benturan-benturan atau cacat body yang tidak sama sekali kita sadari. Inget bro, segala kemungkinan dapat terjadi.

 

Oke bratah, sekian dulu nih post dari ane.. semoga bermanfaat yah! Inget bro, kalau hobi bermusik terutama bermain gitar, maka jadikanlah gitarmu sebagai selingkuhanmu 😀 dengan kata lain pacar keduamu. Di sayang sayaaaaaaangg……..

Leave a Reply

%d bloggers like this: