aldiunanto.com

COBOL – Bekerja dengan working storage

Dalam post ini akan dijelaskan cara pembuatan program sederhana tentang pembuatan 2 buah variable yaitu NPM dan NAMA yang pada bahasa pemrograman COBOL disimpan didalam sebuah section yaitu WORKING-STORAGE SECTION. Variable-variable tersebut akan diisikan data yang nantinya akan di-display ke user.

 

Screenshot of source code

cobol bekerja dengan working storage - Aldi Unanto

Screenshot of result

cobol bekerja dengan working storage - Aldi Unanto

Penjalasan dan logika

Dalam divisi ini, menjelaskan tentang ID program yang kita buat (LASATU), selain itu ada informasi author dari pemilik atau creator program (ALDI).

Menjelaskan tentang configurasi-configurasi dan peralatan yang dibutuhkan dalam sebuah program.

Adalah divisi yang berguna untuk mendeklarasikan data input maupun data output, tentang bagaimana jenis data yang digunakan dan sifat dari data tersebut. Dalam hal ini, dibagi menjadi 2 section yaitu WORKING-STORAGE SECTION yang berguna untuk tempat mendeklarasikan variable-variable yang akan digunakan nanti, yang kedua SCREEN SECTION berguna untuk mengatur bentuk format dari layar input maupun output.

Pada WORKING-STORAGE SECTION, dideklarasikan 2 buah variable yakni NPM dengan tipe data character yang mempunyai max length = 8, dan NAMA dengan tipe data character yang mempunyai max length = 50.

Adalah divisi inti dari program COBOL, dimana pada divisi ini berisi semua statement instruksi program dibuat. Bisa kita lihat pada contoh progam ini, pemanggilan fungsi pertama yang sudah dideklarasikan di SCREEN SECTION sebelumnya yaitu HAPUS-LAYAR. Kita memanggilnya dengan DISPLAY yang berguna untuk clear screen output ke user.

Pada bagian ini, ditampilkan karakter ‘NPM : ’ dan ‘Nama : ’ yang pada setiap samping karaker tersebut, program menerima inputan dari user dengan ACCEPT NPM dan ACCEPT NAMA. Yang nantinya variable-variable tersebut tentunya akan menampung inputan dari user berupa NPM dan Nama user tersebut.

Dan terakhir yaitu menampilkan NPM dan NAMA yang sebelumnya sudah terisi dengan inputan dari user dibagian awal dengan ACCEPT, kemudian program diakhiri dengan STOP RUN.

Leave a Reply

%d bloggers like this: