aldiunanto.com

Desain dan struktur organisasi Ace Hardware Indonesia

Sejarah singkat

Ace Hardware Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan awalnya bernama PT. Kawan Lama pada tanggal 3 Februari 1995 oleh Kuncoro Wibowo. Pada tanggal 28 Oktober 1997, nama perusahaan berubah menjadi PT. Ace Indoritel Perkakas, dan kemudian pada tanggal 28 Agustus 2001 nama perusahaan selanjutnya diubah menjadi PT. Ace Hardware Indonesia. Ace Hardware hadir di Indonesia pada tahun 1995, awalnya terdaftar di Departemen perdagangan dengan nama PT. Ace Indoritel Perkakas. Namun pada tahun 2001 berganti nama menjadi PT. Ace Hardware Indonesia Tbk.

Visi dan Misi

Visi

“Kami berusaha menjadi pusat ritel perlengkapan rumah dan gaya hidup yang terdepan di Indonesia.”

PT Ace Hardware Indonesia, Tbk memiliki visi untuk menjadi pemimpin ritel perkakas nomor satu di Indonesia. Untuk hal ini PT Ace Hardware Indonesia, Tbk memiliki quality policy menuju visi sebagai berikut :

  1. Ragam pilihan produk yang berkualitas dan lengkap
  2. Eksistensi pelayanan professional
  3. Tingkat harga yang kompetitif
  4. Agenda perbaikan yang berkesinambungan
  5. Individu yang professional dan kompeten
  6. Lingkungan belanja yang nyaman

 

Misi

“Kami bertujuan memberikan pilihan lengkap untuk produk berkualitas tinggi dengan harga kompetitif, ditunjang pelayanan pelanggan oleh tim profesional.”

 

 

Dimensi struktur organisasi

Empat desain keputusan (pembagian kerja, pendelegasian kewenangan, pembagian departemen, dan rentang kendali) menghasilkan struktur organisasi, Para peneliti dan praktisi manajemen berusaha untuk mengembangan pemahaman mengenai hubungan antar struktur dan kinerja, sikap, keefektifan, dan variabel lainnya.  Secara umum, gambaran mengenai struktur meliputi formalisasi, sentralisasi, dan kerumitan.

  1. Formalisasi
    Formalisasi mengacu derajat dimana segala harapan mengenai cara dan tujuan pekerjaan dirumuskan, ditulis, dan diberlakukan. Suatu organisasi yang sangat formal, akan memuat prosedur dan aturan yang ketat dalam setiap kegiatan / pekerjaan di dalam organisasi. Dengan demikian, semakin formal suatu organisasi, maka semakin ketat pula aturan dan prosedur kerja. Di PT Ace Hardware Indonesia, Tbk sendiri menerapkan aturan dan procedur kerja yang ketat sehingga tidak heran nilai kepuasan pelanggan yang mereka peroleh sangat baik. Ternyata hal ini bisa terwujud karena memang Ace Hardware sendiri memang sudah focus kepada urusan customer service. Bahkan bagian sales floor juga mereka training sebaik mungkin, terutama agar mampu memberikan pengetahuan yang baik mengenai produk-produk secara mendalam.
  2. Sentralisasi
    Sentralisasi merupakan dimensi struktur organisasi yang mengacu pada derajat dimana kewenangan untuk mengambil keputusan dikuasai oleh manajemen puncak. Di PT Ace Hardware Indonesia, Tbk ini tidak sepenuhnya berlaku sentralisasi, contohnya saja kedudukan Dewan Komisaris dan Direksi memiliki kedudukan yang sama, oleh karena itu ketika direksi memperoleh nasehat dari Dewan Komisaris atau mengharuskan untuk pengambilan keputusan, maka direksi memiliki hak untuk mempertimbangkan, menerima, atau menolah nasehat tersebut. Selain itu bahkan Kuncowo Wibowo sendiri pun yang memiliki posisi sebagai Presiden Komisaris bisa saja diberhentikan jikalau dalam menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan maksud dan tujuan anggaran dasar (AD), atau melampaui batas kewenangan yang sesungguhnya.
  3. Kerumitan
    Kerumitan (complexity) adalah suatu struktur organisasi yang mengacu pada jumlah pekerjaan atau unit yang berbeda dalam organisasi.

 

 

Departementalisasi

Departementalisasi adalah proses penentuan cara bagaimana kegiatan yang dikelompokkan. Beberapa bentuk departementalisasi sebagai berikut :

  1. Fungsi
  2. Produk atau jasa
  3. Wilayah
  4. Langganan
  5. Proses atau peralatan
  6. Waktu
  7. Pelayanan
  8. Alpa-numeral
  9. Proyek atau matriks

 

Departementalisasi fungsional mengelompokkan fungsi – fungsi yang sama atau kegiatan – kegiatan sejenis untuk membentuk suatu satuan organisasi. Organisasi fungsional ini barangkali merupakan bentuk yang paling umum dan bentuk dasar departementalisasi.

Kebaikan utama pendekatan fungsional adalah bahwa pendekatan ini menjaga kekuasaan dan kedudukan fungsi- funsi utama, menciptakan efisiensi melalui spesialisasi, memusatkan keahlian organisasi dan memungkinkan pegawai manajemen kepuncak lebih ketat terhadap fungsi-fungsi.

Pendekatan fungsional mempunyai berbagi kelemahan. struktur fungsional dapat menciptakan konflik antar fungsi-fungsi, menyebabkan kemacetan-kemacetan pelaksanaan tugas yang berurutan pada kepentingan tugas-tugasnya, dan menyebabkan para anggota berpandangan lebih sempit serta kurang inovatif.

 

 

Model-model desain organisasi

Pada penerapannya, model desain organisasi terdiri dari dua model, yaitu Desain Organisasi Mekanistik, dan Desain Organisasi Organik. PT Ace Hardware Indonesia, Tbk sendiri menurut saya masuk ke dalam Desain Organisasi Organik karena proses interaksi sendiri bersifat terbuka dan ekstensif, dan komunikasi yang berlangsung dibuat sedimikian rupa sehingga informasi mengalir secara bebas ke seluruh organisasi yaitu ke atas, ke bawah, dan ke samping.

 

 

Implikasi manajerial desain dan struktur organisasi

Menghasilkan struktur atau susunan yang berkualitas didalam suatu organisasi, karena ada teori yang mengatakan posisi adalah kualitas maka setiap orang yang menempati posisi yang ia kuasai dalam suatu organisasi akan menghasilkan kontribusi besar dalam suatu organisasi tersebut. itulah alasan mengapa diperlukan implikasi manajerial desain dan struktur organisasi.

 

Struktur Organisasi Cabang
PT Ace Hardware Indonesia, Tbk

Struktur organisasi cabang Ace Hardware Indonesia

Referensi

Leave a Reply

%d bloggers like this: