aldiunanto.com

Jangkauan, interval, dan jumlah kelas pada R program

  1. Jangkauan
    Rumus: jangkauan = maks – mini
    Jangkauan pada R programPenjelasan : seperti yang sudah kita ketahui bersama, mencari nilai jangkauan dapat dihitung dengan rumus nilai maksimal dikurangi nilai minimal. Karena sebelumnya kita sudah mendapatkan variable tampungan dari fungsi max() ke ‘maks’ dan min() ke ‘mini’, maka untuk hal ini kita cukup menggunakannya kembali dengan rumus maks – mini.
  2. Jumlah Kelas
    Rumus: jmlkls = 1 + (3.322 * log10(n))
    Jumlah kelas pada R programPenjelasan: untuk menentukan jumlah kelas, kita harus sedikit menggunakan rumus secara manual. Berbeda dengan fungsi max dan min, R program memang sudah menyediakan fungsi tersebut secara default. Seperti yang kita ketehui, rumus untuk menentukan jumlah kelas yaitu = 1 + (3.322 * log(n)). Dengan 3.322 sebagai konstanta dan ‘n’ adalah jumlah dari anggota data kelompok. Dalam R program, untuk mencari jumlah data adalah menggunakan fungsi length() dengan parameter berisikan sebuah variable yang sudah menampung data, atau fungsi c().
  3. Interval
    Rumus: interval = jangkauan / jmlkls
    Interval pada R programPenjelasan : untuk mencari nilai interval, dapat dicari dengan rumus jangkauan dikurangi dengan jumlah kelas. Akan terasa sangat mudah untuk mencari nilai interval ini karena lagi-lagi sebelumnya kita sudah menampung nilai jangkauan dan jumlah kelas pada suatu variable.

Leave a Reply

%d bloggers like this: