aldiunanto.com

Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program

Dalam post ini, akan dijelaskan cara pembuatan himpunan atau data angka yang bukan kelompok, membuat array, tabel dengan pengisian dan pengeditan data, fungsi sort, min, max, dan menentukan panjang kelas.

  1. Pembuatan himpunan
    angkadata = c(1,2,7,7,4,9,2,7,6,8,5,6,4,4,10)
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi Unanto

    Penjelasan: ‘data’ merupakan sebuah variable ber-tipe numeric yang akan menampung kelompok data angka. Dan c() merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk tempat atau wadah dari kelompok data yang akan diolah selanjutnya.
  2. Membuat array/matriks
    b = array(1:4, dim = c(2,2))
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi UnantoPenjelasan: ‘b’ adalah sebuah variable ber-tipe numeric yang menampung value atau nilai dari array yang akan dideklarasi. Dan array() adalah sebuah fungsi untuk membuat data kumpulan array. Fungsi ini memiliki 2 parameter, yaitu sebuah range dan angka jumlah baris dan kolom. Penulisan untuk parameter pertama atau range yaitu contoh: ‘1:4’ yang berarti data matriks hanya akan diisi oleh angka yang berada di range tersebut.(pada kasus ini 1,2,3, dan 4). Dan parameter kedua menyatakan jumlah baris dan kolom, contoh: ‘dim = c(3:3)’ yang berarti 3 baris dan 3 kolom.
  3. Fungsi sort
    sort(variable)
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi UnantoPenjelasan: fungsi sort() digunakan untuk melakukan atau men-generate sortir secara otomatis secara ascending(nilai terkecil – terbesar). Dalam hal ini, parameter untuk sort berupa sebuah variable yang sudah dideklarasi sebelumnya yang berupa himpunan angka, atau fungsi c().
  4. Fungsi Min
    min(variable)
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi Unanto
    Penjelasan: fungsi min() digunakan untuk mencari nilai terendah secara otomatis dari sebuah kelompok data. Parameter min() tentu saja merupakan sebuah variable yang sudah menampung kelompok data menggunakan fungsi c().
  5. Fungsi max
    max(variable)
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi Unanto
    Penjelasan: fungsi max() kebalikan dari min(), yaitu untuk mencari nilai terbesar dari sebuah kelompok data. Parameter min() merupakan sebuah variable yang sudah menampung kelompok data menggunakan fungsi c().
  6. Menentukan jumlah kelas
    jmlkelas = 1 + (3.322 * log10(length(data)))
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi Unanto
    Penjelasan: untuk menentukan jumlah kelas, kita harus sedikit menggunakan rumus secara manual. Berbeda dengan fungsi max dan min, R program memang sudah menyediakan fungsi tersebut secara default. Seperti yang kita ketehui, rumus untuk menentukan jumlah kelas yaitu = 1 + (3.322 * log(n)). Dengan 3.322 sebagai konstanta dan ‘n’ adalah jumlah dari anggota data kelompok. Dalam R program, untuk mencari jumlah data adalah menggunakan fungsi length() dengan parameter berisikan sebuah variable yang sudah menampung data, atau fungsi c().
  7. Membuat tabel (list)
    f = edit(data.frame())
    Penjelasan: dengan kode tersebut, maka akan muncul jendela baru yang berisi sebuah tabel kosong yang memiliki banyak baris dan kolom seperti pada Micrsoft Excel. Pada tabel tersebut kita bisa mengisi data ke setiap cell sesuai yang kita butuhkan. Selain itu, nama kolom-pun bisa diubah dengan meng-kliknya.
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi Unanto

    Jika sudah selesai mengisi data, jendela tabel bisa di close dan akan tersimpan ke dalam variable yang kita set sebelumnya. (dalam hal ini ‘f’)
    selain itu, kita juga bisa memanggil tabel tersebut lengkap dengan data-data yang sudah kita isi dengan cara memasukan sebuah parameter ke dalam frame() dengan nama variable hasil tampungan tabel tadi (f).
    Membuat tabel dan menentukan jumlah kelas pada R program - Aldi Unanto

Leave a Reply

%d bloggers like this: