aldiunanto.com

Menampilkan A-Z atau Z-A dengan VB 6.0

Pernahkah sobat menemui kasus atau diberi tugas oleh guru atau dosen untuk menampilkan huruf A-Z atau sebaliknya Z-A dengan menggunakan konsep looping atau perulangan dengan Visual Basic 6.0?

Gimana tuh caranya? yauda ketik aja keleeus tinggal ketik huruf ‘A’ sampai ‘Z’ atau sebaliknya ‘Z’ sampai ‘A’, kan bisa.

iya sih bisa, tapi apa ga repot tuh mas? om? tante? hhe 😀
Gini, penulis punya sebuah cara untuk melakukan pengeluaran urutan huruf-huruf tersebut. Ajegile gimana om caranya?

Simple, kita gunain aja fungsi bawaan Visual Basic 6.0 yaitu Chr() !  Apaan tuh Chr() ???

Chr() adalah fungsi bawaan dari Visual Basic untuk meng-convert angka-angka keyascii menjadi huruf

Yap, hanya tinggal kita mengetahui sedikit pengetahuan tentang keyascii, maka dengan sangat mudah kita bisa menampilkan huruf A-Z atau Z-A secara berurutan hanya dengan beberapa line saja. Ok, langsung studi kasus!

Dalam kasus ini penulis menuangkan pengeluaran dari kompilasi program ke dalam sebuah tools bernama ListBox. tau kan listbox? yaaa pasti tau lah yaah 😀
Source codenya :

Penjelasan dari blok kode diatas adalah sebagai berikut :
kode-kode diatas akan bekerja ketika kita melakukan klik pada button bernama ‘Command2‘. Pertama kita lakukan pendeklarasian sebuah variable bernama x yang dideklarasikan tipe datanya sebagai Integer. Setelah itu list_alpha.Clear, yaitu melakukan pembersihan, maksudnya kita hapus dahulu isi text list yang ada di ListBox. Karena jika tidak dihapus, maka pengeluaran akan tertumpuk hasilnya dan akan betambah terus list datanya. Oiya, list_alpha sendiri yaitu nama dari tools ListBox yang saya pakai yah..

Nah, intinya disini nih. Kita lakukan sebuah perulangan dengan menggunakan variable x tadi sebagai ‘rem’-nya. Kita beri nilai 97 dan kita lakukan perulangan hingga sampai 122.

Mengapa harus 97?? dan mengapa harus 122??
Sip, pertanyaan bagus. 97 sendiri yaitu sebuah kode atau angka keyascii untuk nilai dari ‘A’. Jadi sebenarnya jika sobat mengetik huruf ‘A’ pada keyboard, sebenarnya CPU menerima sebuah inputan nilai dari huruf ‘A’ yaitu 97, 98 untuk ‘B’, 99 untuk ‘C’ terus sampai 122 yaitu ‘Z’. Nah… uda pada ngerti kan?

Saya lanjut yah…. didalam perulangan tersebut dilakukan proses penambahan data list ke dalam listbox bernama list_alpha dengan menggunakan syntax AddItem (untuk menambahkan data pada listbox). Ucase() untuk bisa merubah huruf menjadi kapital, dan Chr() tadi yaitu mentransformasikan nilai keyascii ke dalam sebuah huruf. dengan begitu, listbox akan terisi secara otomatis huruf-huruf ‘A’ sampai dengan ‘Z’ dengan sangat mudah, singkat, tepat, dan cepat. bener kan?

Nah, untuk perulangan mundurnya (Z sampai A), maka sobat hanya tinggal membalik saja dengan memberikan nilai x = 122 sampai dengan 97. tapi jangan lupa diganti STEP 1 menjadi STEP -1 untuk memberitahu compiler perulangan dilakukan dengan mengurangi nilai dari x dengan 1 untuk setiap perulangan yang dilakukannya satu persatu. Bingung?? jadi kek gini nih kodenya :

Oke paham?? itu tadi tips dan triknya yah.. semoga bermanfaat. Happy coding! 🙂

Salam, Aldi Unanto | blog.aldiunanto.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: