aldiunanto.com

Mengarungi Samudera PT. Bank OCBC NISP

Selamat pagi para pengunjung blog aldiunanto.com. Eit, kenapa pagi yah? padahal kan penulis tidak tahu kondisi di sini? Hehe sebenarnya saya hanya teringat saja ketika makan disebuah tempat makan pecel lele yang terkenal itu. Ya pecel lele lela, mereka selalu menyapa para pengunjung dengan kalimat ‘Selamat pagiiii’ Eh tapi kita tidak akan membicarakan hal itu yaahh:D

Posting kali ini saya akan membahas PT OCBC NISP, dan lebih cenderung ke dalam pembahasan organisasi perusahaannya.

 

PT OCBC? PT Apa sih itu?

Okay, PT OCBC NISP ini sebenarnya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan. Duitnya banyak dong? oh ya tentuu 😀

Okay fokus ya. Jadi gini, berdasarkan official website-nya sih disebutkan bahwa Bank OCBC NISP (sebelumnya dikenal dengan nama Bank NISP) merupakan bank tertua keempat di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Terus kenapa jadi ada ‘OCBC’-nya yah? hm saya juga kurang mengetahui itu karena di official website-nya pun tidak diberitahu. Tapi tidak mengapa, kita lanjut dengan perkembangan Bank ini selanjutnya ya..

Bank OCBC NISP kemudian berkembang menjadi bank yang solid dan handal, terutama melayani segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bank OCBC NISP resmi menjadi bank komersial pada tahun 1967, bank devisa pada tahun 1990 dan menjadi perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1994.

Pada akhir tahun 1990-an, Bank OCBC NISP berhasil melewati krisis keuangan Asia dan jatuhnya sektor perbankan di Indonesia tanpa dukungan obligasi rekapitalisasi pemerintah. Bank OCBC NISP pada saat itu menjadi salah satu bank di Indonesia yang melanjutkan penyaluran kreditnya segera setelah krisis selesai. Inisiatif ini memungkinkan Bank mencatat pertumbuhan yang tinggi.

Bank OCBC NISP saat ini memiliki lebih dari 6.500 karyawan. Jumlah itu tersebar di lebih dari 330 kantor. Dengan motivasi yang tinggi, Bank OCBC NISP siap melayani nasabah yang terdapat di 59 kota di seluruh Indonesia.

 

Visi dan misi PT. Bank OCBC NISP

 

Visi

Menjadi bank pilihan dengan standar dunia yang diakui kepeduliannya dan terpercaya

Misi

Bank OCBC NISP berusaha dan bekerja sebagai warga korporat yang bertumbuh-kembang bersama masyarakat secara berkelanjutan dengan cara :

  • Menyediakan dan mengembangkan pelayanan keuangan yang inovatif, berkualitas dan melebihi harapan masyarakat yang dinamik dengan hasil terbaik.
  • Membina jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dan dilandasi rasa saling percaya.
  • Menciptakan lingkungan kerja yang dapat meningkatkan profesionalisme dan mendorong pembaharuan organisasional dengan semangat kekeluargaan.
  • Membangun kepercayaan publik melalui perilaku etikal, peduli dan hati-hati (prudent).

 

Struktur Organisasi

Sebelum kita membahas struktur organisasi PT Bank OCBC NISP, kita akan bahas beberapa aspek yang sangat terkait dengan organisasi termasuk pengertian organisasi itu sendiri. Diantaranya adalah :

  1. Manajemen
    Apa itu manajemen? Menurut Wikipedia, Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Organisasi
    Dikutip dari Wikipedia, Organisasi (Yunani: ὄργανον, organon – alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
  3. Tata Kerja
    Dan terakhir adalah tata kerja. Tata kerja adalah cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

 

Aldi Unanto - Struktur Organisasi PT Bank OCBC NISP

Jika kita kaitkan dengan yang ada pada PT Bank OCBC NISP, unsur-unsur tersebut tentu terdapat didalamnya. Manajemen PT Bank OCBC NISP sendiri terdiri dari beberapa elemen seperti :

  1. Dewan Komisaris
    Bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur Perseroan terbatas (PT) itu sendiri. PT Bank OCBC NISP ini memiliki delapan dewan komisaris yang terdiri dari Presiden Komisaris, Wakil Presiden Komisaris, Komisaris Independen, dan komisaris.
  2. Direksi
    Dikutip dari Wikipedia, direktur atau direksi adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin Perseroan Terbatas (PT). Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. PT Bank OCBC NISP sendiri memiliki sepuluh direksi yang dipimpin oleh satu direksi utama.
  3. Komite Audit
    Adalah komite yang dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris
    dalam membantu melaksanakan tugas dan fungsi Dewan Komisaris. PT Bank OCBC NISP sendiri memiliki empat komite audit yang terdiri dari Ketua Komite Audit, dan tiga anggota komite audit.
  4. Dewan pengawas syariah
    PT Bank OCBC NISP memiliki dua orang dewan pengawas syariah yang terdiri dari Ketua Dewan Pengawas Syariah dan satu anggota dewan pengawas syariah. Peran utama para ulama dalam Dewan Pengawas Syariah adalah mengawasi jalannya Lembaga Keuangan Syariah sehari-hari agar selalu sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariah.

 

Ciri Organisasi

Organisasi yang terdapat di PT COBC NISP semakin lama semakin berkembang. Ini dapat dibuktikan dengan Anak perusahaan OCBC Bank, Great Eastern Holding, adalah grup asuransi terbesar di Singapura dan Malaysia dalam hal aset dan pangsa pasar. Sedangkan anak perusahaan yang bergerak di bidang manajemen aset, Lion Global Investors, adalah salah satu perusahaan manajemen investasi swasta terbesar di Asia Tenggara

Teknologi perbankan yang sudah mumpuni tentunya dapat mempercepat kinerja serta efisiensi PT Bank OCBC NISP dalam mencapai tujuannya. Disisi lain, penggunaan staf pada perusahaan ini lebih intensif yang mana pada pengorganisasiannya terbagi menjadi banyak divisi dan bagian yang lebih dan cendereung spesialis.

 

Unsur-unsur Organisasi

Tentunya PT Bank OCBC NISP memiliki banyak unsur dalam pengorganisasiannya terutama Manusia, kerjasama, tujuan bersama, peralatan, dan lingkungan. Banyaknya divisi-divisi yang ada mencerminkan unsur manusia didalamnya. Struktur organisasi perusahaan ini yang bersifat spesialis dan menyebar, menandakan kerjasama yang sangat erat dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga dapat melancarkan perusahaan untuk mencapai visi dan misi serta tujuan bersama.

 

Teori Organisasi

PT Bank OCBC NISP merupakan perusahaan yang memiliki banyak divisi dan pembagian tugas yang merata. Mereka saling membangun satu dengan yang lainnya yang bermaksud tercapainya tujuan bersama. Kekurangan fungsi suatu divisi, berarti pengurangan kualitas dan penurunan target dan strategi. Sehingga dapat dikatakan perusahaan ini tergolong teori organisasi modern.

 

Macam Organisasi Dari Segi Tujuan

PT Bank OCBC NISP termasuk dalam kategori organisasi niaga karena perusahaan tersebut memiliki tujuan utama untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan International Finance Corporation (IFC), bagian dari Grup Bank Dunia, yang kemudian menjadi pemegang saham pada tahun 2001 – 2010 dan dari OCBC Bank-Singapura yang kemudian menjadi pemegang saham Bank OCBC NISP. OCBC Bank-Singapura akhirnya menjadi pemegang saham pengendali melalui serangkaian akuisisi dan penawaran tender sejak tahun 2004. Dan Dengan dukungan dari OCBC Bank-Singapura, Bank OCBC NISP telah menetapkan program yang agresif untuk memperkuat infrastruktur, termasuk sumber daya manusia, teknologi informasi dan jaringan kantor. Program ini yang kemudian memicu kepindahan kantor pusat ke OCBC NISP Tower di pusat Jakarta yang memungkinkan Bank OCBC NISP memiliki akses langsung ke pusat bisnis Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, perkembangan perusahaan yang sangat pesat ini serta jaringan nasabah yang sangat luas dimulai dari segmen usaha kecil dan dan menengah (UKM) menjadikan perusahaan ini meraup banyak keuntungan dan kesejahteraan bagi komponen-komponen di dalamnya.

 

 

Sumber

http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Organization-Structure.aspx
http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Brief-History.aspx
http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Vision-and-Mision.aspx
http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Management/Board-of-Commissioners.aspx
http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Management/Board-of-Directors.aspx
http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Management/Audit-committee.aspx
http://nisp.cloudapp.net/Groups/Tentang-OCBC-NISP/Management/Dewan-Pengawas-Syariah.aspx
http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Direktur

Leave a Reply

%d bloggers like this: