aldiunanto.com

Pascal CASE…OF

Screenshot of source code

Pascal CASE OF - Aldi UnantoPascal CASE OF  - Aldi Unanto

Screenshot of result

Pascal CASE OF - Aldi UnantoPascal CASE OF - Aldi UnantoPascal CASE OF - Aldi Unanto

Logic and description

program menu;
uses crt;
var option, nilai, x, y : integer;
grade : char;

Memberikan program dengan nama “menu”, meng-import library crt. Library crt digunakan untuk pemanggilan fungsi clrscr yaitu untuk membersihkan layar. Kemudian melakukan pendeklarasian variable option, nilai, x, y sebagai integer(angka), dan grade sebagai karakter (huruf).

begin
clrscr;
writeln(‘ Menu’);
writeln(‘—————-‘);
writeln(‘1. Kondisi’);
writeln(‘2. Perulangan’);
writeln(‘3. Keluar’);
writeln();
write(‘Masukan Pilihan Anda [1-3] = ‘); readln(option);

Memulai kode block program, pencetakan menu, pencetakan baris baru, dan membaca inputan (pemilihan nomor menu) dari user dengan menggunakan variable option.

case option of
1 :
begin
clrscr;
write(‘Masukan nilai = ‘); readln(nilai);
if (nilai >= 80) then grade := ‘A’
else if (nilai >= 60) then grade := ‘B’
else if (nilai >= 40) then grade := ‘C’
else grade := ‘D’;
write(‘Anda Mendapat Grade ‘, grade, ‘ !!’);
end;

Pada kode ini dilakukan eksekusi jika user menginput angka 1 untuk dilakukan menu kondisi. Program akan menerima sebuah inputan dari user untuk variable nilai, setelah itu dilakukan pengkodisian dimana jika variable nilai bernilai lebih dari sama dengan 80, maka variable grade akan dideklarasi dengan ‘A’. Jika nilai lebih dari sama dengan 60, maka variable grade dideklarasi ‘B’. Jika nilai lebih besar sama dengan 40, maka variable grade dideklarasi ‘C’. selain itu(kurang dari 40), maka variable grade dideklarasi ‘D’. Terakhir dilakukan pencetakan terhadap grade yang didapat.

2 :
begin
clrscr;
for x := 1 to 5 do begin
for y := 1 to x do write(‘*’);
writeln();
end;
end;

Pada kode ini dilakukan eksekusi jika user menginput angka 2 untuk dilakukan menu perulangan yaitu mencetak bintang dengan pola segitiga siku-siku. Pertama dilakukan perulangan menggunakan variable x yang diberi nilai awal = 1. Perulangan ini akan dilakukan sebanyak 5 kali. Di dalam perulangan ini, terdapat perulangan lagi dengan variable y = 1 sampai x, yang fungsinya untuk mencetak karakter bintang(*) itu sendiri sebanyak pada saat itu nilai x. Lalu mencetak baris baru.

3 : begin write(‘Bye!’); delay(300); halt; end;
end;
readln();
end.

Dan pada block kode yang terakhir jika user menginput angka 3, maka akan dilakukan pencetakan ‘Bye!’, lalu layar akan delay atau diam sejenak selama 300 milidetik atau 0,3 detik, setelah itu halt, yaitu kode untuk pemberhentian program. Dan terakhir yaitu readln(), yaitu untuk menahan console agar tidak keluar dengan sendirinya. Dan programpun selesai.

Leave a Reply

%d bloggers like this: