aldiunanto.com

Perbedaan tipe data TEXT dengan LONGTEXT

Perbedaan tipe data TEXT dengan LONGTEXT - Aldi Unanto

Seperti yang sudah kita ketahui, tipe data TEXT dengan LONGTEXT adalah sebuah tipe data yang sifatnya serupa, yaitu untuk menampung data yang bersifat string atau karakter. Database sendiri contohnya MySql, menyediakan option tipe data ini sebagai pilihan. Namun yang terpikirkan adalah apa perbedaan diantara keduanya?

Daya Tampung

Ya, perbedaan tipe data TEXT dengan LONGTEXT ada di daya tampung. Seberapa besar tipe data ini dapat menampung sebuah string. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, coba kita lihat data berikut.

Tipe data Daya tampung
TEXT 65,535 bytes
LONGTEXT 4,294,967,295 bytes

Data ini menyimpulkan, tipe data LONGTEXT memiliki daya tampung yang lebih besar dari tipe data TEXT. tipe data TEXT memiliki daya tampung sebesar 4,294,967,295 bytes atau sama dengan 64 KiB, sedangkan LONGTEXT memiliki daya tampung sebesar 4,294,967,295 bytes atau sama dengan 4GiB.

Penggunaan

Dari data di atas, kita dapat mengetahui bahwa tipe data TEXT dan LONGTEXT dapat digunakan tergantung dari sebuah record yang akan diinput, tergantung kebutuhan.

Misalnya saja sebuah form kontak yang menyertakan alamat, kita tidak perlu menggunakan tipe data LONGTEXT untuk menampung field atau alamat tersebut, karena sebuah alamat relatif tidak terlalu panjang, maka kita cukup menggunakan TEXT atau VARCHAR.

Contoh penggunaan tipe data LONGTEXT dapat kita lihat pada struktur table wp_posts milik WordPress. Kalau kita perhatikan, sebuah table bernama wp_posts berisi field bernama post_content, memiliki tipe data LONGTEXT. Karena memang field tersebut akan terisi sebuah konten atau posting wordpress yang memang isinya bisa sangat panjang sekali, contohnya seperti artikel ini.

Leave a Reply

%d bloggers like this: