aldiunanto.com

Qbasic array 2 dimensi

Langsung saja ke studi kasus. Disini saya akan memberikan screenshot contoh program dengan array 2 dimensi, saya akan membuat matriks.

Source code

source code array 2 dimensi

Source code 1

source code array 2 dimensi

Source Code 2

 

Result

Result array 2 dimensi

Result

 

Explanation and logic

Pada program sederhana ini yaitu membuat 2 elemen matriks(A dan B) sederhana dengan array 2 dimensi ber-ordo 2×2 yang kemudian akan ditampilkan ke layar penjumlahan dari 2 elemen matriks tersebut yang akan di-di-display berbentuk matriks.

  1. Pada pengulangan ini kita membiarkan user menginput data-data atau nilai yang kemudian akan di simpan dan merupakan nilai dari setiap elemen matriks A, kemudian membuat baris baru.
  2. Pengulangan ini yaitu menampilkan isi dari matriks A yang sebelumnya sudah di input oleh user. Dalam hal ini symbol semicolon(;) sangat berperan penting untuk menampilkan hasil di layar berbentuk matriks ke samping, dan PRINT “” untuk membuat elemen matriks baris baru.
  3. Membuat baris baru dan pada pengulangan ini kita membiarkan kembali user menginput untuk memberikan nilai pada elemen-elemen matriks B.
  4. Menampilkan ke layar semua inputan user untuk matriks B.
  5. Membuat baris baru dan menampilkan hasil penjumlahan kedua matriks(A dan B) yaitu dengan tahap pembuatan array baru(hasil) dan memberikan dari tiap elemen array hasil penjumlahan dari tiap-tiap elemen matriks A dan matriks B. kemudian ditampilkan dengan menggunakan proses pengulangan.

 

2 thoughts on “Qbasic array 2 dimensi

Leave a Reply

%d bloggers like this: