aldiunanto.com

Rancangan Penulisan Ilmiah

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI

 

Gunadarma University - aldiunanto.comPENULISAN ILMIAH

Manipulasi Browser History dengan history.pushState, AJAX, dan jQuery
Nama : Aldi Unanto
NPM : 10113608
Jurusan : Sistem Informasi
Penanggung Jawab :

Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat Dalam Mencapai Gelar Setara Sarjana Muda
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016

ABSTRAK

Berisi ringkasan penjelasan secara garis besar dari penulisan. Maksimal 1 halaman.

KATA PENGANTAR

Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan ilmiah (a.l. Rektor, Dekan, Ketua Jurusan, Pembimbing, Perusahaan).

DAFTAR ISI

Berisi daftar judul dari bab dan sub-bab dari penulisan Ilmiah. Beserta daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran jika ada.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang

Bagian ini berisikan uraian/penjelasan yang berkaitan dengan fenomena-fenomena atau alasan-alasan yang mendasari mahasiswa/peneliti memilih atau tertarik untuk meneliti tema yang ditulis.

1.2.  Rumusan dan Batasan Masalah

Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya, pada bagian ini mahasiswa/peneliti mulai mengidentifikasi, membatasi dan selanjutnya merumuskan masalah yang hendak diteliti. Setelah rumusan masalah ada, mahasiswa/peneliti dapat menerjemahkan rumusan masalah tersebut dalam bentuk kalimat pertanyaan penelitian.

1.3.  Tujuan Penulisan

Bagian berisi tujuan penelitian yang hendak dicapai, dan hal ini seharusnya mengacu kepada rumusan dan pertanyaan penelitian yang telah dibuat sebelumnya.

1.4.  Metode Penulisan

Bagian berisikan tentang bagaimana secara ilmiah, penelitian akan dilakukan. Poin-poin penting dalam bagian ini adalah :

  • 4.1. Identifikasi Masalah
  • 4.2. Analisis Data
  • 4.3. Implementasi
  • 4.4. Uji Coba High Availability Server

1.5. Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan dalam memberikan gambaran tentang penulisan ini maka dalam penyajiannya diuraikan ke dalam beberapa bab.

BAB II
LANDASAN TEORI

Bab ini membahas mengenai landasan teori tentang pengenalan konsep high availability server serta materi lainnya yang menunjang penulisan / penelitian.

 

BAB III
PEMBAHASAN

Bab ini membahas tentang bagaimana cara kerja historyPushState, AJAX, dan jQuery dalam memanipulasi history pada browser serta keunggulan dan manfaat yang akan dihasilkannya dalam mengolah konten data pada sebuah website.

Bab IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan

Bagian ini berisikan kesimpulan dari hasil penelitian mahasiswa/peneliti, yang pada prinsipnya merupakan jawaban dari pertanyaan penelitian yang ada.

4.2. Saran

Isi yang ada pada bagian ini harus diprioritaskan pada saran terhadap butir-butir kesimpulan yang ada.

4.3. Daftar Pustaka  

Bagian ini berisi daftar sumber atau referensi kutipan yang digunakan mahasiswa/penulis dalam penyelesaian penulisan ilmiah. Baik yang bersumber dari buku, web, jurnal, majalah, dll.

4.4. Lampiran

Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, program, gambar, perhitungan-  perhitungan, grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: