aldiunanto.com

Rumus mencari frekuensi pada R program

Mencari frekuensi pada R program

 

Penjelasan : tidak seperti halnya mean() dan median(), untuk mencari frekuensi, kita harus membuat rumus atau fungsi sendiri agar bisa kita gunakan nantinya dengan mudah dan dengan hanya memanggil nama fungsi dan mengisikan disetiap parameternya. R program support akan hal itu, dimana memungkinkan kita untuk membuat fungsi sendiri untuk tujuan-tujuan tertentu. Contohnya pada kasus kali ini, kita menginginkan sebuah fungsi untuk mencari nilai frekuensi. Jika dilihat di kode dan screenshot di atas, dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Frekuensi = function(x, y, z)
    Berarti kita mendeklarasikan sebuah fungsi yang bernama ‘frekuensi’ yang memiliki 3 parameter untuk setiap pemanggilan yang nantinya kita isi.
  • a = 0
    Awal mula kita harus men-set variable a = 0. Apa tujuan dari variable ini? Berfungsi untuk menampung hasil akhir dari fungsi ini, dimana nantinya akan terisi oleh frekuensi, atau berapa banyaknya data untuk setiap suatu kelas tertentu.
  • for(i in 1 : length(x))
    perulangan ini sangat diperlukan untuk memastikan semua anggota pada himpunan angka dilakukan satu persatu. Banyaknya perulangan tergantung dari jumlah anggota suatu kumpulan bilangan, itu mengapa kita menggunakan length(x) untuk batasan looping ini.
  • If(x[i] >= y && x[i] <= z)
    di dalam perulangan tersebut kita isikan sebuah statement condition dimana jika nilai anggota pertama lebih dari sama dengan batas bawah kelas, dan nilai anggota pertama kurang dari sama dengan batas atas kelas, maka suatu bilagan tersebut terpenuhi dan bernilai true, yang nantinya dilanjut dengan mengeksekusi statement di dalam if.
  • a = a + 1
    statement ini merupakan statement di dalam kondisi tersebut. Dimana jika terpenuhi, maka nilai a akan ditambah dengan 1. Berarti menyatakan banyaknya data pada kelas tertentu.
  • print(a)
    dan ini adalah instruksi terakhir, kita hanya tinggal mencetak nilai a dari perhitungan yang sudah dilakukan sebelumnya. Dan akan mencetak nilai akhir dari frekuensi suatu kelas.

 

Pemanggilan fungsi

Rumus frekuensi pada R programPenjelasan : ini adalah contoh pemanggilan dari fungsi frekuensi yang sebelumnya sudah kita buat tadi. Dapat dilihat, ada 3 parameter untuk pemanggilannya. Parameter pertama berisi data yang merupakan himpunan bilangan, parameter kedua diisi dengan 5 yaitu batas bawah kelas, dan terakhir adalah 10 yang merupakan batas atas bawah kelas pertama.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: