aldiunanto.com

Mengapa kepribadian bangsa timur berbeda dengan bangsa barat?

  1. Jelaskan pengertian dari Ilmu Budaya Dasar? Mengapa mahasiswa diharuskan mempelajari mata kuliah ini?
    Adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengertahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan.
    Mahasiswa diharuskan mempelajari mata kuliah ini dengan tujuan sebagai berikut :

    1. Menemukan minat dan menjadi manusia yang berbudaya dan halus. Menyelidiki apa-apa yang terjadi disekitarnya dan diluar lingkungannya.
    2. Kesadaran akan pola-pola nilai yang dianutnya serta bagaimana hubungan nilai-nilai ini dengan cara hidupnya sehari-hari
    3. Keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai yang dirasakannya sudah dapat diterimanya dengan penuh tanggung jawab dan sebaliknya menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.
  2. Jelaskan 2 masalah pokok dalam IBD, beri contoh!
    Dua masalah pokok tersebut ialah :

    1. Aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi masing-masing keahlian didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
      Contoh : ketika kita sedang berada di suatu tempat yang belum pernah dikunjungi lalu diberikan pengetahuan dan wawasan oleh penduduk asli tempat tersebut tentang bagaimana kita seharusnya berlaku dan bertingkah di tempat tersebut.
    2. Hakikat manusia yang universal, namun banyak perbedaan-perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang, tempat, waktu, proses adaptasi, keadaan sosial budaya, lingkungan alam. Yang dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi seperti ungkapan, pikiran, perasaan, tingkah laku, dan hasil kelakuan mereka.
      Contoh : semua masyarakat di Indonesia yang mempunyai tujuan yang satu yakni Bhineka Tunggal Ika. Namun sudah kita ketahui bahwasannya di negara kita memiliki banyak sekali suku, ras, dan perbedaan adat yang sehingga menimbulkan banyak perselisihan dan kesenjangan sosial dan budaya.
  3. Mengapa mempelajari IBD dilakukan dengan pendekatan interdisiplin dari berbagai ilmu? Beri contoh !
    Sebuah ilmu(disiplin) saja tidak cukup untuk mengkaji sebuah masalah kemasyarakatan. Karena memang pada dasarnya mempelajari IBD harus bersumber pula dari berbagai ilmu multidisiplin terutama ilmu sosial.
    Contoh : masalah budaya yang terjadi di sekitar tempat tinggal yang kita juga perlu pengetahuan tentang disiplin sosial bagaimana cara kita bersosialisasi dengan orang lain yang akan kita bantu pemecahan masalahnya. Entah itu dari segi sikap, ataupun perilaku dan perbuatan.
  4. Jelaskan unsur-unsur yang membangun manusia
    Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling berkaitan, yaitu :

    1. Jasad; yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya. Dapat diraba, difoto, dan menempati ruang dan waktu.
    2. Hayat; yaitu mengandung unsur hidup, yang ditandai dengan gerak.
    3. Ruh; yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
    4. Nafas; dalam pengertian diri atau keakuan , yaitu kesadaran tentang diri sendiri.
  5. Jelaskan dengan contoh hakikat hidup manusia!
    Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal-hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendiri hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalanan manusia itu sendiri.
    Sehingga dapat pula diartikan bahwa hakikat manusia itu sendiri adalah sesuatu yang pasti ada dalam kehidupan manusia.
    Kebudayaan sebagai karya manusia memiliki system nilai. Secara universal menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia , yaitu:

    1. Hakikat hidup manusia: hakikat hidup untuk setiap kebudayaan berbeda secara ekstrem.
    2. Hakikat karya manusia : setiap kebudayaan hakikatnya berbeda-beda untuk hidup
    3. Kedudukan, gerak hidup untuk menambah karya.
    4. Hakikat waktu manusia : hakikat waktu untuk setiap kebudayaan berbeda, masa lalu atau masa kini.
    5. Hakikat alam manusia : ada kebudayaan yang menganggap manusia harus mengeksploitasi alam ada juga yang harus menyatu dengan alam.
    6. Hakikat hubungan dengan manusia : mementingkan hubungan antar manusia baik vertical maupun horizontal.
  6. Mengapa kepribadian bangsa timur berbeda dengan bangsa barat?
    Menurut anda bagaimana hubungan antara kepribadian dengan kinerja?
    Karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lingkungan, budaya, dan alam di sekitarnya. Bangsa barat umumnya adalah bangsa yang maju dalam sektor ekonomi, politik dan teknologinya. Sedangkan bangsa timur pada umumnya bangsa yang berkembang.
    Menurut saya kepribadian merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kinerja, sebagai contoh jika mempunyai kepribadian yang tertutup dan emosional, tentu akan berpengaruh terhadap lingkungannya, menjadi sangat sulit bersosialisasi.
  7. Jelaskan teori dan bentuk-bentuk perubahan sosial? Menurut anda teori mana yang cocok dengan kondisi kita sekarang? Mengapa?
    1. Teori
      1. Teori evolusi; pada dasarnya berpijak pada perubahan yang memerlukan proses yang cukup panjang. Mencakup perkembangan, kebudayaan, dan penelitian dari segi manusia dan masyarakatnya
      2. Teori konflik; bermula dari pertikaian kelas antara kelompok yang menguasai modal atau pemerintahan dengan kelompok yang tertindas secara materil, sehingga akan mengarah pada perubahan sosial. Teori ini memiliki prinsip bahwa konflik sosial dan perubahan sosial selalu melekat pada struktur masyarakat
      3. Teori fungsionalis; menjelaskan bahwa perubahan sosial tidak lepas dari hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat. Para penganut teori fungsionalis lebih menerima perubahan sosial sebagai sesuatu yang konstan dan tidak memerlukan penjelasan.
      4. Teori siklis; teori ini mencoba melihat bahwa suatu perubahan sosial itu tidak dapat dikendalikan sepenuhnya oleh siapapun dan oleh apapun.
    2. Bentuk-bentuk perubahan sosial
      1. Perubahan lambat (Evolusi); memerlukan waktu yang lama. Perubahan ini biasanya merupakan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat.
      2. Perubahan cepat (Revolusi); perubahan yang terjadi dapat direncanakan terlebih dahulu maupun tanpa direncanakan.
      3. Perubahan kecil; perubahan-perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat.
      4. Perubahan besar; suatu perubahan yang berpengaruh terhadap masyarakat dan lemabga-lembaganya. Seperti dalam sistem kerja, sistem hak milik tanah, hubungan kekeluargaan, dan stratifikasi masyarakat.
      5. Perubahan yang dikehendaki; merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan dalam masyarakat.
      6. Perubahan yang tidak dikehendaki; perubahan yang sangat mendasar yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat.
      7. Perubahan proses; adalah perubahan yang sifatnya tidak mendasar. Hanya merupakan penyempurnaan sebelumnya. Contohnya perubahan kurikulum dan pendidikan.

    Menurut saya teori yang cocok dengan kondisi kita sekarang adalah Teori Evolusi. karena teori ini sangat sesuai dengan keadaan di Indonesia seperti sumber daya manusianya, kebudayaan, pertanian, hasil alam, dan lain-lain. Tentunya unsur-unsur ini akan sangat berpengaruh dan terus dipengaruhi oleh Teori Evolusi. Karena teori ini berpusat kepada perkembangan dari unsur-unsur tersebut.

  8. Jelaskan masalah pokok kehidupan manusia dalam sistem nilai budaya!
    (1) masalah hakekat hidup, (2) hakekat kerja atau karya manusia, (3) hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu, (4) hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar, dan (5) hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya.
  9. Mengapa terjadi perubahan budaya? Jelaskan faktor-faktor yang dapat mengubah budaya? Beri contoh!
    Perubahan kebudayaan pada masyarakat biasanya ada yang di sebabkan oleh masyarakat itu sendiri, atau pun berasal dari masyarakat pendatang. Biasanya penyebab perubahan yang di lakukan oleh masyarakat itu sendiri terjadi akibat adanya kelahiran, juga hala-hal baru serta media yang mereka lihat biasanya akan menimbulkan pengaruh positif juga negatif bagi masyarakat itu sendiri. Begitu juga sebaliknya dengan penyebab perubahan budaya yang di akbatkan dengan adanya kedatangan masyarakat dari luar yang biasanya terjadi karena adanya bencana alam, transmigrasi maupun lainnya.Faktor-faktor yang dapat mengubah budaya :

    1. Faktor Internal; adalah faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. Diantaranya sebagai berikut
      1. Bertambahnya atau berkurangnya penduduk
      2. Adanya penemuan baru
      3. Pertentang (konflik) dalam masyarakat
      4. Terjadinya pemberontakan (revolusi)
    2. Faktor eksternal; faktor yang berasal dari luar masyarakat, antara lain sebagai berikut
      1. Lingkungan alam fisik. Bencana alam banjir, longsor, gempa bumi, kebakaran hutan, dan sebagainya
      2. Peperangan antara negara satu dengan negara lainnya.
    3. Pengaruh kebudayaan lain.
  10. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang modernisasi, mengapa modernisasi tidak selamanya dapat diterima? Sebutkan kebaikan dan kelemahan dari modernisasi?
    Modernisasi yaitu merujuk kepada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang menjadi ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur. Modernisasi kadang tidak bisa kita terima karena tidak sesuai atau mungkin bertentangan dengan norma, adat, perilaku bangsa Indonesia.
    Kebaikan modernisasi disebut juga dampak positif, yaitu sebagai berikut :

    1. Perubahan tata nilai dan sikap. Bisa dilihat dari cara berpikir masyarakat yang irasional menjadi rasional
    2. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
    3. Tingkat kehidupan yang lebih baik

    Dampak negatif diantaranya : pola hidup yang konsumtif; sikap individualistik yaitu sikap yang membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktifitas; gaya hidup kebarat-baratan; kesenjangan sosial

Leave a Reply

%d bloggers like this: