aldiunanto.com

Tugas 1 Pengantar Telematika

  1. Jelaskan peranan Telematika dalam penyampaian informasi dalam kehidupan sehari-hari! Berikan contohnya dalam bidang pendidikan!
    Di era teknologi seperti sekarang ini, peranan Telematika dalam penyampaian informasi sangatlah berpengaruh besar. Orang-orang mulai lebih prefer untuk mengakses suatu informasi dengan media teknologi seperti internet karena sangat mudah kita akses dan dapati. Hampir setiap orang sekarang sudah memiliki telepon genggam yang canggih yang bisa mengakses internet. Bisa juga lewat komputer, atau gadget lainnya.

    Dengan adanya Telematika, maka arus informasi akan sangat cepat dan mudah menyebar. Sedangkan contoh peranan Telematika dalam bidang pendidikan yaitu adanya media internet berbasis website.

    Website kampus merupakan salah satu contoh media penting untuk menaruh berbagai macam informasi di sana yang terkait dengan perkuliahan seperti informasi transkip nilai, mengecek jadwal kuliah, jadwal UTS, jadwal UAS, mengirim tugas, dan lain-lain. Dengan adanya semua fasilitas tersebut, mahasiswa tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan ke kampus hanya untuk sekedar melihat transkip nilainya.
    .

  2. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen apa saja yang menunjang layanan telematika!
    • Konten. Dengan adanya konten, maka sebuah layanan bisa dikatan memiliki informasi yang disampaikan ke publik. Tentunya sebuah konten yang berkualitas akan mempengaruhi kualitas dari layanan telematika itu sendiri.
    • Computing. Yaitu suatu sistem pengolah data dan informasi yang berbasis komputer. Dengan memanfaatkan fitur networking yang ada pada sistem computing, maka pengolahan datapun akan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.
    • Komunikasi. Adalah sebuah sistem yang mengolah output yang dihasilkan dari proses computing untuk kemudian disampaikan kepada publik. Dengan adanya komponen ini, suatu data atau informasi dapat lebih bisa dimanfaatkan oleh orang banyak dengan strategi-strategi tertentu.
    • Perkumpulan. Dalam hal ini yaitu masyarakat yang kita kategorikan sebagai konsumen atau penerima informasi itu sendiri.
      .
  3. Sebutkan hal-hal apa saja yang didapat dari perkembangan layanan telematika? Jelaskan.
    • Kemudahan mendapatkan data dan informasi secara real time.
      Dengan berkembangnya telematika, pengolahan data yang terjadi secara real time akan langsung dipublikasi yang berdampak sampainya informasi kepada masyarakat saat itu juga.
    • Menghemat waktu.
      Konsumen/pembeli tidak perlu lagi datang ke bank tertentu dan mengantri lama hanya untuk melakukan transaksi. Cukup dilakukan dengan memanfaatkan internet atau mobile banking.
    • Peluang bisnis baru.
      Dengan memanfaatkan perkembangan layanan telematika, seseorang bisa menciptakan bisnis dengan cara online. Contoh: e-commerce.
    • Rekruitmen Tenaga kerja dan Penyedian Lowongan Kerja.
      Di internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Dengan begitu, antara kedua belah pihak akan sangat diuntungkan dengan terpenuhinya tujuan masing-masing.
      .
  4. Bagaimana menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika? Jelaskan!
    Manfaatkan telematika sebijak mungkin. Artinya, kita harus bisa memanfaatkan telematika sesuai dengan moral, batasan, dan aturan-aturan tertentu. Pergunakan telematika hanya ketika kita sedang membutuhkan sesuatu yang sifatnya positif. Bisa itu ilmu pengetahuan, melakukan riset, dan kebutuhan tugas.

    Selain itu, kita juga harus memiliki self-protector dalam diri kita untuk menahan informasi-informasi yang bersifat dan berdampak buruk bagi kita. Saringlah informasi yang baik dan hindari informasi yang seharusnya tidak/belum boleh diakses.Terakhir kita juga harus membentengi diri kita dengan pengetahuan yang cukup, khususnya dalam perlindungan data pribadi yang bersifat privasi.

    Jika kita hanya memanfaatkan telematika begitu saja tanpa adanya landasan pengetahuan, maka data-data privasi kita akan terancam dan bisa saja menjadi objek kejahatan bagi para kriminal di luar sana.

Leave a Reply

%d bloggers like this: