aldiunanto.com

Tugas 2 Pengantar Telematika

  1. Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!
    Peranan jaringan komputer pada layanan telematika itu sangat penting pada bagian telekomunikasi, dengan adanya jaringan komputer suatu sistem telematika dapat diakses secara bersamaan, dimanapun dan kapanpun dan setiap sistem telematika dapat bekomunukasi satu sama lain. Manfaat Peranan jaringan komputer pada bagian telekomunikasi yaitu:

    • Membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
    • Pengguna juga dapat bertukar data (berbagi) maupun videocall secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
    • Memungkinan seseorang dapat mengirimkai informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan.
  2. Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!
    • Aplikasi E-commerce : penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Contohnya : Lazada, BliBli, Tokopedia, Bukalapak
    • Aplikasi Reservasi Online : Baik pemesanan tiket kereta api, hotel, pesawat, bioskop, pemesanan taxi online, ojek online, makanan online dan sebagainya. Contohnya : Go-Jek, Uber, Grab Bike, Padiciti, Traveloka, Tiket.com
    • Aplikasi Cloud : Sebagai media penyimpanan yang dapat kita gunakan dimana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan internet. Sehinnga tidak di butuhkan pnyedia ppenyimpanan hardisk atau pun flash disk, Karen cukup disimpan di cloud semua bisa di akses kapan pun dan dimanapun.
    • Social Media : memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personillainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
  3. Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!
    • Client Server

      Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang pada prosesnya memiliki satu buah computer sebagai server dan computer lainnya sebagai klient. Pedanya dengan jaringan pear to perar dengan client server adalah yang dapat bertugas sebagai penyedia data, pemrosesan data, dan menerima permintaan adalah server sedangkan client hanyalah sebagai peminta informasi saja. Contohnya adalah system KRS, yang informasi semua mahasiswa berada pada server sedankan yang lainnya hanya sebagai client yang meminta informasi tentang data mahasiswa.

    • Peer to Peer

      Merupakan sebuah teknologi jaringan computer yang setiap computer dapat berkomunukasi satu sama lain baik sebagai penerima maupun peminta sebuah informasi dan perintah sebagai sarana untuk penyebaran layanan telematika. Contohnya adalah ajaringan computer LAN ( LOCAL AREA NETWORK ) . Minimal jumlah computer pada teknologi ini adalah 2 komputer.

Leave a Reply

%d bloggers like this: