aldiunanto.com

UML penarikan uang di ATM

UML Penarikan uang di ATM - Aldi UnantoUML Penarikan uang di ATM - Aldi Unanto

Penjelasan dan logika

Diagram UML (Undefined Modeling Language) di atas menjelaskan tentang alur pengambilan uang melalui mesin ATM. Seperti yang sudah terlihat, ada 3 aktor pada alur ini yaitu:

  1. Nasabah : orang yang mempunyai kartu ATM dan mengirim perintah ke mesin ATM untuk kemudian dikirimkan perintah tersebut ke server (Bank) dan di proses
  2. Mesin ATM : mesin atau alat untuk mengambil uang nasabah berdasarkan perintah nasabah. Menerima inputan berupa perintah dari nasabah dan memproses perintah-perintah tersebut sesuai dengan sistem pada mesin ATM.
  3. Bank : pihak yang memvalidasi inputan (contoh: PIN) dari nasabah apakah data yang diinput sesuai atau tidak dengan database yang ada di bank. Dan disinilah proses terjadinya transaksi berupa pencatatan dan kalkulasi apa saja yang nasabah lakukan terutama pengambilan uang itu sendiri.

Berdasarkan diagram UML yang kita lihat, berikut penjelasan alur modelnya :

  1. Bermula dari aktor nasabah, yaitu memasukan kartu ATM ke mesin ATM dan kemudian menginput PIN.
  2. Mesin ATM menerima inputan tersebut dan memprosesnya dan dikirimkan ke server (actor bank)
  3. Bank menerima data yang mesin ATM kirim kemudian melakukan proses authorization apakah data tersebut valid atau tidak. Jika valid, maka umpan balik akan dikirimkan kepada nasabah berupa inputan berapa nominal uang yang akan ditarik. Jika tidak valid, maka akan dilempar ke proses pengeluaran kartu ATM dari mesin ATM.

  4. Setelah nasabah menginput nominal penarikan, mesin ATM menerima data nominal dan kembali mengirimkannya ke server
  5. Selanjutnya server melakukan pengecekan apakah nominal yang diinput oleh nasabah lebih besar jumlahnya dari saldo yang ada pada nasabah itu sendiri? Jika kurang dari sama dengan saldo, maka umpan balik akan dikirimkan ke mesin ATM dan mesin ATM akan mengeluarkan uang melalui slot sejumlah nominal yang nasabah input. Jika lebih dari saldo, maka mesin ATM hanya akan menampilkan untuk memeritahu nasabah jumlah saldonya di layar mesin ATM.
  6. Setelah uang keluar dari slot, nasabah melakukan pengambilan uang melalui slot

  7. Selanjutnya mesin ATM akan menampilkan saldo terakhir nasabah di layar dan mengeluarkan kartu ATM milik nasabah
  8. Dan terakhir nasabahpun mengambil kartu ATM miliknya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: