aldiunanto.com

Visual Basic 6.0 – Program penghitung bilangan faktorial dengan VB 6.0

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan cara pembuatan sebuah aplikasi menggunakan Visual Basic 6.0, yaitu aplikasi pencari bilangan faktorial. Dengan memasukan di sebuah angka di TextBox yang sudah disiapkan dan setelah user menekan tombol ‘Hitung’, maka sebuah proses perulangan dilakukan dan dilakukan perhitungan tertentu untuk mencari faktorialnya.

Buka software Visual Basic 6.0 dan pilih Standard EXE. Atur sedemikian rupa sehingga tampilan UI aplikasinya seperti gambar dibawah ini.

Program penghitung bilangan faktorial dengan VB 6.0 - Aldi Unanto

 

Berikut jenis-jenis dan properti dari setiap tools yang harus diatur.

Tools name Type Caption Text Extras
Form1 Form Bilangan faktorial
Label1 Label Program penghitung bilangan faktorial (N!)
Label3 Label Masukan bilangan
fakto TextBox (empty)
Command1 CommandButton Hitung
Label4 label (empty)
Command2 CommandButton Keluar

Screenshot of source code

Program penghitung bilangan faktorial dengan VB 6.0 - Aldi Unanto

Dan berikut penjelasan dan logika dari kode-kode pada aplikasi pencari bilangan faktorial.

dilakukan pendeklarasian untuk beberapa variable yaitu desc sebagai String, val sebagai Double, dan x sebagai integer. Kemudian setelah itu variable val diisi nilainya dengan 1.

blok kode ini merupakan inti dari sebuah perulangan untuk dilakukannya pencarian bilangan factorial. Perulangan ini dilakukan secara mundur karena konsep bilangan factorial adalah -> contoh: 4 x 3 x 2 x 1 = 24. Total dari bilangan factorial ditampung ke dalam variable val sehingga disetiap perulangan, nilai dari val kembali di update dengan perhitungan yang baru. Dan desc = desc & x & ” x “ berfungsi untuk sebagai tampilan yang diperlihatkan ke user diakhir program atau ketika program memunculkan hasil dari perhitungan.

bagian ini dilakukan untuk menyusun setiap angka pada perulangan tertentu untuk membentuk pola 5 x 4 x 3 …, dan Left$(desc, (Len(desc) – 3)) digunakan untuk menghilangkan karakter “ x ” di sebelah ujung variable desc, fungsi left yaitu untuk memotong sebuag string dhitung dari kiri, len digunakan untuk menghitung jumlah karakter, dan ‘-3’ yaitu jumlah karakter “ x ” (2 buah spasi dan karakter x).

Dan screenshot dibawah ini adalah hasilnya darievent yang dilakukan.

Program penghitung bilangan faktorial dengan VB 6.0 - Aldi Unanto

Selamat mencoba. Ada pertanyaan? tinggalkan pesan anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

%d bloggers like this: