aldiunanto.com

Menghitung Volume Tabung dengan C++

Dalam posting kali ini saya akan menjelaskan cara penghitungan volume tabung dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Terdapat dua buah inputan yang kita terima dari user yaitu jari-jari lingkaran(sebagai alas tabung) dan tinggi tabung. Setelah itu kita masukan semua variable tersebut ke dalam rumus volume tabung yakni volumeT = (vr2) * tinggi_tabung.

Screenshot of code

menghitung volume tabung dengan c++ - aldiunanto.com

Screenshot of result

menghitung volume tabung dengan c++ - aldiunanto.com

Penjelasan dan logika

Pertama kita import library bawaan C++ yaitu iostream. Dibeberapa versi compiler, ditambahkan ekstensi .h (<iostream.h>) dan <conio.h>. Kemudian kita gunakan namespace std. Kenapa sih harus pakai using namespace std?

Faktanya adalah, std merupakan sebuah class bawaan C++ menaungi beberapa syntax seperti cout dan cin. Nah, fungsi-fungsi atau syntax tersebut bersifat static function, jadi sebenarnya kita bisa saja tidak menggunakan line using namespace std, namun konsekuensinya adalah kita harus selalu menggunakan embel-embel std:: di depan setiap kali kita menggunakan cout dan cin.
Contoh:
std::cout << “Hai Aldi!”; see? Lanjut…

C++ akan memulai proses kompilasi dimulai dari main(). Lalu kenapa ada int?
Karena ujung-ujungnya pada program ini adalah kita mengembalikan semua proses kompilasi ke
return 0 di mana 0 merupakan bilangan integer

Yaitu proses pendeklarasian tiga buah variable bersifat double (comma support) yaitu jari, tinggi, dan volume

.

count << untuk menampilkan, dan cin >> untuk menerima inputan dari user. Dalam dua baris ini kita menerima inputan jari-jari alas(lingkaran) dan tinggi tabung, yang kemudian kita store ke dalam variable jari dan tinggi.

Yes, ini adalah rumus atau proses utama. Yakni menghitung volume tabung menggunakan rumus volume tabung dengan melibatkan inputan dari user tadi yaitu jari dan tinggi. Kemudian hasil kalkulasi di-store ke dalam variable volume.

Jos.. displaying our result! (note: endl itu baris baru. ‘End line’)

Leave a Reply

%d bloggers like this: