aldiunanto.com

Program kasir sederhana dengan Visual Basic 6.0

Dalam laporan ini akan dijelaskan cara pembuatan aplikasi kasir sederhana menggunakan Visual Basic 6.0. aplikasi kasir ini berisi Data jenis barang, list barang apa saja tergantung dari jenis barang yang dipilih, ditampilkan harga barang, jenis barang , dan sebuah inputan untuk memasukan jumlah beli yang nantinya akan dikalkulasi dan hasilnya di taruh di dalam textbox yang masih kosong yang disediakan. Terkahir, akan dilakukan penjumlahan dari seluruh data beli per barang yang sudah diinput disetiap textbox. Tambahan lainnya yaitu waktu dinamis dan ucapan terimakasih.

Buka software Visual Basic 6.0 dan pilih Standard EXE. Atur sedemikian rupa sehingga tampilan UI aplikasinya seperti gambar dibawah ini.

Program kasir sederhana dengan Visual Basic 6.0 - Aldi Unanto
Berikut jenis-jenis dan properti dari setiap tools yang harus diatur.

Tools name Type Caption Text Extras
Label1 Label Jenis Barang
List_jenis ComboBox (empty) List : Rokok, Mie
Btn_addjenis CommandButton Tambah Jenis Barang
List_brg ListBox
Label2 label Harga Barang
Thrg_brg TextBox (empty)
Label3 label Jenis Barang
Tjenis_brg Textbox (empty)
Label4 label Jumlah beli
Tjml_beli textbox (empty)
Command1 CommandButton Total Bayar
Lbl_totalbayar label (empty)
Command2 CommandButton Clear
Command3 CommandButton Exit
Command4 CommandButton Add Bayar
Timer1 Timer Interval : 1000
Command5 CommandButton Clear
Frame1 Frame Data Beli
Db1 textbox (empty)
Db2 Textbox (empty)
Db3 Textbox (empty)
Db4 Textbox (empty)
Db5 Textbox (empty)
Db6 textbox (empty)
Command6 CommandButton Total Bayar
Label6 label Rp
Lbl_totalbeli label (empty)
Lbl_thanks label (empty)
Frame2 frame Tanggal
Lbl_date label (empty)
Frame3 frame Waktu
Lbl_time label (empty)

Dan berikut ini adalah kode-kode untuk setiap tools beserta penjelasan dan logikanya.

Bagian kode ini bekerja ketika button btn_addjenis diklik. Ketika user memilih jenis barang pada combobox, dan mengklik button ini, maka list barang yang bernama list_brg akan di hapus data-datanya dengan menggunakan .Clear dan setelah itu dilakukan pengkondisian jika jenis barang yang dipilih “Rokok”, maka list barang akan diisi datanya dengan Dji Sam Soe, Djarum Super, Starmild, Neomild, dan Signature. Jika user memilih jenis “Mie”, maka yang akan ditambahkan ke list adalah Indomie, Supermie, Popmie, Sarimie, dan Mie sedap

Bagian kode ini bekerja ketika tombol total bayar diklik, maka akan dilakukan proses perhitungan antara harga barang yang di kalikan dengan jumlah beli. Setelah itu hasilnya akan ditaruh di sebuah label yang bernama lbl_totalbayar.

Bagian kode ini bekerja ketika tombol clear di klik, maka akan di set beberapa tools seperti thrg_brg, tjenis_brg, tjml_beli, dan lbl_totalbayar akan berisi kosong.

Bekerja jika tombol Exit di klik, maka program akan berhenti dengan menggunakan syntax End.

Bagian kode ini akan bekerja jika tombol Add Bayar di klik. Dilakukan pendeklarasian variable total sebagai String yang berisi sama dengan caption dari lbl_totalbayar. Jika db1 kosong, maka db1 akan diisi dengan total, jika db2 yang kosong maka db2 akan diisi dengan total, begitu seterusnya sampai db6. Dan terkahir dengan Else, jika semua texbox atau penampungan total sudah penuh, maka akan dimunculkan sebuah notifikasi yang memberitahu user bahwa semua textbox sudah penuh.

Akan bekerja ketika tombol clear yang berada di sebelah kanan(proses perhitungan semua total) di klik. Maka akan menge-set semua inputan menjadi kosong, yaitu db1db6, lbl_totalbeli, dan lbl_thanks.

Bagian kode ini akan bekerja ketika tombol Total Bayar sebelah kanan diklik. Pertama dilakukan pendeklarasian variable bernama total_beli sebagai type data Double. Setelah itu variable ini diisi dengan hasil penjumlahan dari db1 sampai db6. Setelah itu hasilnya ditaruh sebagai caption di lbl_totalbeli, dan terakhir dimunculkan sebuah ucapan terimakasih di lbl_thanks.

Bekerja ketika program dijalankan pada detik pertama. Akan mengisi caption dari lbl_date dan lbl_time tanggal dan waktu yang akan running secara dinamis setiap detiknya tergantung dari propertis interval pada Timer1 yang disetting.

Bagian kode ini akan bekerja ketika list_brg diklik. Awalnya dilakukan 2 buah variable yaitu harga sebagai double, dan jenis sebagai string. Setelah itu dilakukan pengkondisian jika list_jenis barang yang dipilih “Rokok”, maka jenis akan diisi “Rokok” dan dilakukan pengkondisian dengan menggunakan metode Select Case. Jika barang yang dipilih adalah Dji Sam Soe, maka harga akan diisi dengan 12000, dan seterusnya sampai Signature. Jika list_jenis yang dipilih user adalah “Mie”, maka jenis akan diisi “Mie” dan dilakukan kondisi cabang dengan Select Case. Jika barang yang dipilih “Indomie”, maka harga = 1500, dan seterusnya sampai “Mie Sedap”. Setelah semua kondisi selesai dieksekusi dan variable harga dan jenis sudah diisi, maka nilai dari variable harga ditaruh di textbox thrg_brg, dan jenis ditaruh di tjenis_brg. Dan terakhir tjml_beli dan lbl_totalbayar di set kosong untuk me-reset jika user memilih barang selanjutnya.

Dan screenshot dibawah ini adalah hasilnya dari setiap event yang dilakukan.

Program kasir sederhana dengan Visual Basic 6.0 - Aldi Unanto

Btn_addjenis, menampilkan barang-barang tertentu sesuai jenis

Program kasir sederhana dengan Visual Basic 6.0 - Aldi Unanto

Ketika user mengklik salah satu dari barang yang ditampilkan dan mengklik tombol Total Bayar yang selanjutnya dilakukan perhitungan dari harga barang dengan jumlah barang yang dibeli.

Program kasir sederhana dengan Visual Basic 6.0 - Aldi Unanto

Ketika user mengklik button Add Bayar dan nilai total dari setiap barang yang dipilih ditaruh di textbox yang disediakan(db1-db6). Dan menampilkan total dari penjumlahan seluruh data beli dan menampilkan pesan terimakasih.

Program kasir sederhana dengan Visual Basic 6.0 - Aldi Unanto

Ketika user mengklik Add Bayar namun semua inputan(db1-db6) sudah penuh.

Leave a Reply

%d bloggers like this: