aldiunanto.com

Contoh program sederhana dengan Select Case di Qbasic

Berikut adalah contoh program sederhana Qbasic dengan menggunakan Select Case. Dalam kasus ini kita akan mencoba membuat menu yang nantinya user pilih. Pada menu pertama yaitu form biodata mahasiswa, menu kedua adalah operasi aritmatika, operasi ketiga adalah operasi menghitung nilai rata-rata 2 bilangan, dan menu terakhir yaitu pemberhentian program.

Source Code

Source code 1

Source code 1

 

Source code 2

Source code 2

Source code 3

Source code 3

Source code 4

Source code 4

Result

Result 1

Result 1

Result 2

Result 2

Result 3

Result 3

Result 4

Result 4

Penjelasan dan logika

Dalam program ini awal mula kita lakukan pendeklarasian variable pil sebagai variable yang digunakan untuk penentu kondisi pilihan mana yang user input. Untuk menu, di beri label 10 sebagai ketentuan posisi kembali ke menu yang akan dieksekusi di akhir program.

Kondisi diimplementasikan dengan menggunakan teknik SELECT CASE. dalam kasus ini dapat dijelaskan:

  1. Case 1 : mengisi semacam form biodata untuk nama, npm, kelas, dan jurusan yang akan di tampung ke dalam 4 buah variable string dengan lambang $, dan kemudian hasil inputan biodata tersebut ditampilkan ke layar.
  2. Case 2 : Operasi matematikan sederhana yang user akan menginput 2 buah variable. Kemudian dilakukan proses kalkulasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang kemudian hasil dari semua proses kalkulasi tersebut ditampilkan ke layar sebagai result.
  3. Case 3 : Operasi kalkulasi nilai rata-rata. Dengan membiarkan user menginput 2 buah variable (a dan b) yang kemudian dalam program akan dilakukan pengeksekusian nilai a * b / 2 untuk hasil rata-rata, dan kemudian ditampilkan ke layar.
  4. Case 4 : dengan memilih kondisi ini maka program akan di perintah untuk berhenti mengeksekusi dengan perintah END

Terakhir di tampilkan sebuah kondisi apakah user akan mengulang dari salah satu fitur-fitur diatas yang akan di alihkan ke label 10 yaitu tapilan menu. Jika user menginput “y”, maka akan di eksekusi GOTO 10, selain itu kondisi dan program akan terhenti dengan perintah END IF dan END.

Leave a Reply

%d bloggers like this: